AC , Tubuh kita dan Global Warming

berhati-hatilah bagi anda yang sering terkena udara yang berasala dari AC, lebih lebih ketika badan kita tidak siap untuk menerima hawa yang tersebar dari AC tersebut, karena bukan saja badan kita lingkungan sekitarpun terkena dampak dari pemakaian AC yang berlebihan.

Di dalam alat yang digandrungi penduduk negara tropis itu, terdapat zat pendingin yang merusak lingkungan. Meningkatnya permintaan akan AC membuat zat berbahaya itu semakin banyak yang lepas ke udara bebas.

Menurut sebuah penelitian di Belanda yang dikutip Radio Netherland, Selasa (23/6), saat ini AC mengkontribusikan 3% penyebab pemanasan global. Namun pada 2050, semua jenis mesin penyejuk ruangan dan pendingin akan menjadi 15% biang kerok pemanasan global.

Hal ini terjadi khususnya di China dan India dimana permintaan AC meningkat tajam. Lembaga perencanaan lingkungan Belanda (PBL) menyerukan agar mesin penyejuk ruangan menggunakan zat-zat yang tidak terlalu membahayakan lingkungan hidup. Dunia usaha saat ini tengah mengembangkan zat tersebut.

Read More..

Isu global Warming dan Bambu

sekarang memang sedang marak dan hangat isu tentang global warming (pemanasasn global) di tambah dengan isu akan terjadinya kiamat di tahun 2012, tetapi ada kabar mengembirakan dari seminar yang dilaksanakan di Bandung, mungkin akan mencairkan kedua isu yang sedang memanas saat ini.

Prof Dr Elizabeth Widjdja Senin (29/6) di Bandung mengatakan bambu juga memiliki daya serap karbon yang cukup tinggi untuk mengatasi persoalan CO2 di udara. Selain juga merupakan tanaman yang cukup baik untuk memperbaiki lahan kritis.

Disela-sela seminar "Bambu For Modern Life" di Saung Angklung Udjo Bandung, Prof Elizabet menyebutkan Indonesia memiliki bambu sebagai sumber daya lokal terbarukan dengan potensi yang luar biasa dari aspek lingkungan alam dan sosial ekonomi.

Pembudidayaan bambu itu sendiri kurang diperhatikan pemerintah dan tidak pernah dianggap serius. Padahal pemerintah seharusnya dapat menyediakan lahan untuk pembudidayaan bambu termasuk untuk menanggulangi lahan kritis dan mengatasi banjir dan erosi.

Pohon bambu juga berfungsi sebagai penjernih air. Daerah bantaran sungai yang banyak pohon bambu, air sungainya terlihat jernih.

Bambu juga memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi bahan bakar alternatif atau biofuel yang ramah lingkungan. Bilamana pemerintah jeli, pemanfaatan bambu untuk memproduksi biofuel tentu akan sangat menguntungkan dan ramah lingkungan.

Dikatakan, pengembangan bambu di Indonesia seharusnya menjadi agenda penting bukan hanya untuk menjawab persoalan lokal. Tetapi menjadi sumbangan aspiratif Indonesia bagi masyarakat dunia.

Dijelaskan Prof Elizabeth, varietas bambu di Indonesia merupakan yang paling banyak di dunia yaitu sekitar 160 jenis namun baru 88 yang benar-benar menjadi endemik di Indonesia.(global Warming)

Read More..

menuai rupiah dari sebuah blog

Bila Anda ingin membuat blog uang, Anda akan menemukan bahwa ada banyak pilihan yang terbuka untuk Anda. Kebenaran adalah bahwa apapun jenis blog Anda, apakah Anda ingin menulis tentang puppies, politisi, atau pirates pancakes, ada kemungkinan lebih dari uang yang akan dibuat.

Kekuatan Internet berarti bahwa pada titik tertentu, maka akan menjadi orang-orang yang mencari konten yang menarik dan bahan. Ada banyak keuntungan jika anda dapat menyediakan konten yang dengan cara yang mereka inginkan. Ingat bahwa meskipun ada kemungkinan untuk pergi ke luar dan berbelok ke orang luar, anda perlu mempertimbangkan keuntungan yang dapat memberikan blogging.

Cara pertama yang banyak orang membuat blog adalah uang melalui promosi diri. Apakah Anda memiliki sebuah bisnis yang Anda suka dan peduli? Mungkin kecil dan berjuang atau mungkin berkembang dan sehat. Either way, Anda akan membutuhkan sebuah blog. Sebuah blog memungkinkan orang untuk mengirim umpan balik, untuk mendapatkan ide dari apa yang anda semua tentang dan untuk benar-benar melihat jenis pembaruan Anda untuk membuat bisnis Anda
. Ia adalah satu cara lagi untuk klien Anda untuk mengenal Anda, dan semakin banyak orang tahu bahwa Anda sebagai orang, atau kumpulan orang, semakin banyak usaha mereka yang cenderung dengan Anda.

Juga menyadari bahwa banyak layanan iklan akan memberitahu Anda meletakkan iklan di blog Anda. Jika Anda ingin menjual ruang iklan, ada beberapa cara bagi Anda untuk melakukannya. Anda mungkin mempertimbangkan iklan banner atau iklan kontekstual di bagian atas dan samping blog Anda. Hal ini relatif mudah untuk mencari layanan yang akan membantu Anda, dan pada akhir hari, Anda mungkin menemukan bahwa ia sebenarnya adalah salah satu cara bagi Anda untuk membantu pembaca Anda juga. Jika Anda memiliki sebuah blog yang semua tentang perawatan binatang peliharaan, Anda dapat memiliki iklan yang baik untuk produk yang berhubungan dengan binatang peliharaan perawatan di bagian samping dan di bagian atas halaman blog Anda
.

Cara lain yang mungkin Anda memilih untuk membuat uang dengan blog Anda adalah dengan menggunakannya sebagai tempat untuk memulai sebuah bisnis afiliasi. Anda dianggap telah memiliki sebuah bisnis afiliasi? Komunitas bisnis pada dasarnya adalah di mana Anda mendapatkan bayaran setiap kali Anda merekomendasikan pelanggan dengan produk dan pelanggan yang membuat mereka membeli melalui link afiliasi pribadi Anda.

Anda akan berbicara tentang industri atau produk tertentu saja, sehingga Anda mungkin juga dibayar untuk itu. Blog Anda akan perlu konten sangat berat, tetapi jika orang yang datang kepada anda untuk informasi, mereka mungkin akan tertarik produk apa yang akan Anda iklankan juga.

Seperti yang dapat Anda lihat, ada beberapa cara untuk membuat uang blogging. Ingat bahwa Anda harus selalu memasang baik konten, dan bahwa Anda lebih teratur dikirim, semakin banyak pembaca anda akan ada. Jangan meremehkan kekuatan blog dan bagaimana dapat mengubah cara yang membuat uang Anda!

Read More..

situs temahal

Berapakah penghasilan blog anda??

Tidak ada jawaban pasti. Barangkali jawabannya justru kembali kepada Anda sendiri. Seberapa besarkah penghasilan yang Anda inginkan dari aktivitas blogging? Anda sendiri yang menentukan.

Yang pasti, dunia blogging selalu menawarkan banyak peluang. Sayangnya, terutama di Indonesia, peluang ini belum banyak dimanfaatkan. Blog masih dianggap sebatas diary online, atau paling banter hanya dianggap sebagai blog pribadi yang bersifat personal. Padahal, jika dikelola secara serius dan profesional, maka blog tersebut akan dapat menghasilkan ratusan bahkan ribuan dollar seperti yang tertera di bawah ini.

1. http://www.techcrunch.com/
TechCrunch pada awalnya hanya dikelola oleh Michael Arrington, seorang pengacara yang sekaligus seorang tech geek. Saat ini, TechCrunch digawangi oleh sejumlah editor yang bekerja sebagai tim. Niche blog ini adalah teknologi dan starts up. Penghasilan per bulan yang diperoleh TechCrunch adalah $200,000 (atau setara Rp.2.053.000.000!) dan terutama bersumber dari iklan-iklan banner. Konon katanya, harga spot iklan selama sebulan di TechCrunch adalah $10,000! (atau setara Rp.102.650.000!).

2. http://mashable.com/
Mashable adalah blog yang dibuat oleh Pete Cashmore, seorang web technology consultant dari Skotlandia dan saat ini diawaki oleh 10 orang editor tetap. Blog dengan tag line "The Social Media Guide" ini membidik niche social media sebagai sasarannya. Berdiri sejak tahun 2005, Mashable kini telah menghasilkan uang $180,000 (atau setara Rp.1.847.700.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utama Mashable adalah dari iklan banner.

3. http://perezhilton.com/
PerezHilton adalah blog berita selebritis yang dibuat dan dikelola oleh Mario Lavandeira. Mengambil nama plesetan dari Paris Hilton, blog dengan niche entertainment dan mengusung tag line "Celebrity Juice, Not from Concentrate" ini konon menghasilkan uang $140,000 (atau setara Rp.1.437.100.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan banner.

4. http://gothamist.com/
Gothamist adalah blog tentang berbagai sisi kota New York. Dibuat dan dikelola oleh Jake Dobkin, blog dengan tag line "New York City News, Food, Arts and Events" ini banyak mendapatkan penghasilan dari iklan PPC. Per bulan, penghasilan Gothamist ditaksir mencapai angka $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

5. http://timothysykes.com/
Blog ini, sesuai namanya, dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Timothy Sykes, seorang pialang dan manager hedge fund asal Amerika Serikat. Dengan niche finance, blog Timothy Sykes terutama banyak mendapatkan penghasilan dari penjualan produk-produk affiliasi keuangan. Setiap bulannya, blog dengan tag line "Short Selling Penny Stocks" ini setidaknya memberikan penghasilan $80,000 (atau setara Rp.816.287.872!).

6. http://venturebeat.com/
VentureBeat adalah blog berita teknologi dan starts up yang dikelola oleh Matt Marshall. Berdiri sejak tahun 2004, Venture Beat setiap bulannya menghasilkan uang $62,000 (atau setara Rp.636.429.998!) untuk Matt Marshall. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC.

7. http://lifehacker.com/
LifeHacker adalah blog yang mengupas tentang tips-tips praktis dalam kehidupan sehari-hari. Dikelola oleh Gina Trapani dan Nick Denton, blog dengan tag line "Tips and Downloads for Getting Things Done" ini menghasilkan $60,000 (atau setara Rp.615.899.999!) terutama dari iklan banner.

8. http://tutsplus.com/
TutsPlus adalah blog unik yang berisi tentang berbagai tutorial dan video tips-tips praktis. Dibuat oleh Collis Taeed dan diawaki oleh sejumlah editor tetap untuk setiap segmen tutorial, TutsPlus yang mengusung tag line "Mad Skills" ini menghasilkan $55,000 per bulannya (atau setara Rp.564.575.000!). Sumber penghasilan utamanya adalah iklan banner.

9. http://www.smashingmagazine.com/
Smashing Magazine adalah blog yang terutama ditujukan bagi para web designers dan web developers. Setiap bulannya, Smashing Magazine memberikan penghasilan $50,000 (atau setara Rp.513.250.000!) terutama dari iklan banner. Dibuat oleh Vitaly Friedman, seorang web developer, pada tahun 2006, Smashing Magazine kini dijalankannya berdua bersama Sven Lennartz, seorang web designer asal Jerman.

10. http://www.stevepavlina.com/
Seperti namanya, StevePavlina.com dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Steve Pavlina, seorang guru pengembangan kepribadian asal Las Vegas, Amerika Serikat. Blog dengan tag line "Personal Development for Smart People" ini memiliki penghasilan $45,000 (atau setara Rp.461.925.000!) setiap bulannya. Sumber penghasilan utamanya berasal dari iklan PPC dan JV (Joint Venture).

Read More..

macam macam kesempatan bisnis online

Sebagai pengunjung rutin blog ini, selain adanya sedikit perubahan layout, tentunya Anda akan menemukan sebuah menu baru di sidebar, “make money online”. Mengikuti jejak para pemain online earning yang lain, saat ini saya menjalankan beberapa program online earning model paid to click (PTC), paid to read (PTR), dan paid to surf (PTS). Beberapa program yang saya ikuti tercantum pada bagian make money online tersebut.

Paid To Click (PTC)
Program online earning model ini memberikan bayaran kepada anggotanya setiap kali mereka melihat dan mengklik iklan yang ada. Nilai setiap klik berkisar antara $0,005 sampai $5. Semakin banyak kita melakukan klik, berarti semakin banyak dolar yang kita hasilkan.

Penghasilan tersebut akan semakin besar jika kita memiliki banyak referal aktif. Setiap klik dari referal akan menambah earning kita tanpa mengurangi income referal. Setiap klik dari referal akan dihitung sebagai komisi dengan nilai maksimal 100%. Jadi kalau klik referal bernilai $0,01, maka earning kita juga bertambah $0,01.

Paid To Read (PTR)
Beda PTR dan PTC terletak pada cara memperoleh bayaran. Kalau dalam model PTC kita mengklik iklan, maka komisi di PTR akan dibayarkan kepada anggotanya setiap membaca email.

Paid To Surf (PTS)
Dalam model ini, perhitungan earning anggotanya berdasarkan durasi waktu surfing. Yang perlu dilakukan hanya login ke program ini setiap kali akan surfing, selanjutnya surfing seperti biasa. Semakin lama surfing, tentu penghasilannya akan semakin besar. Skema ini juga menawarkan program referal untuk memperoleh penghasilan yang lebih besar.

Sebaiknya Anda menyiapkan account PayPal, e-Gold, atau AlertPay sebelum menjalankan semua program diatas. Hampir semua pembayaran program online earning dengan model PTC/PTR/PTS menggunakan ketiga alat pembayaran online tersebut. Selain ketiganya, modal yang dibutuhkan hanya sambungan internet dan meluangkan waktu setiap harinya.
(mod/hilman

Read More..

bukan saatnya "NATO" no action talk only

Stop Dreaming Start Action !! woow… ketika saya pribadi mendengar slogan ini langsung tertuju pada seseorang internet marketer kawakan yang terbilang sukses dan tidak asing lagi namanya menggelegar di jagat maya ini yaitu Joko Susilo. Memang slogan Stop Dreaming Start Action harus benar-benar tertanam di jiwa dan dimiliki oleh setiap para pebisnis online pemula yang baru memulai bisnisnya (usaha apapun) jika ingin sukses.

Stop Dreaming Start Action!! Esensi dari slogan ini menurut saya adalah berhentilah berhayal/ bermimpi dan mulailah melakukan tindakan sekarang juga jika ingin berhasil dalam bisnis online. Coba banyangkan secara logika bagaimana seseorang mau mendapatkan uang banyak dan bisnis onlinenya berhasil jika tidak berbuat dan melakukan apa-apa. Tul gak..?

Ayo teman-teman blog bisnis online mulai sekarang tanamkan slogan “Stop Dreaming Start Action” di dalam benak pikiran, mari kita bergerak dan mulai bertindak berbuat sesuatu sekarang juga!! karena sekecil apapun tindakan yang kita kerjakan hari ini pasti akan ada effectnya dan membawa manfaat dimasa akan datang, jadi jangan hanya dreaming mari mulai action dan stop dreaming..!! untuk menggapai cita-cita yang selama ini terpendam..!

Stop Dreaming Start Action!! slogan Cocok sekali ini untuk blogger malas seperti saya, karena begitu mendengarkannya langsung termotivasi !! Seperti artikel yang pernah saya baca pada salah satu postingan di blog bisnis internet kepunyaan Bapak Joko Susilo berjudul “Sukses Berawal dari Keseriusan” yang intinya kunci menggapai kesuksesan adalah Action secara terarah dan tetap konsisten. Karena kesuksesan tidak datang dari lamunan dengan hanya berdiam diri tanpa adanya tindakan. (Yup.. betul sekali.. serius berarti action!! Kalau malas untuk Start Action berarti tidak serius!! :)

Okeh.. sekali lagi saya ajak rekan-rekan blog bisnis Pemula untuk Start Action!! Action!! Dan Action!! Berhentilah hanya bermimpi dan bermalas-malasan jika anda ingin berhasil dan sukses di bisnis internet karena kesuksesan hanya diperuntukkan milik orang-orang yang ulet, rajin, berkerja keras, ingin selalu belajar dan bukan untuk orang-orang malas. Salam Sukses..!!

Catatan:

* Artikel berjudul Stop Dreaming Start Action diatas bukan sengaja dibuat sekedar untuk kontes seo semata, tapi penulis juga bermaksud ingin menyampaikan dan menekankan serta memotivasi kepada semua teman-teman pebisnis online pemula seperti saya bahwa betapa pentingnya arti ACTION itu sendiri, tidak terbatas di usaha online saja namun diberbagai aspek kehidupan dunia.
* Untuk Informasi lebih lanjut mengenai Kontes ini dapat kamu lihat di situs pribadi Joko Susilo yang beralamat di jokosusilo.com.
* Tambahan bagi peserta kontes (Stop Dreaming Start Action) yang sudah ikutan atau nyolong Start duluan kemarin, harap dibaca lagi peraturan terbaru di blog bisnis internet marketing Joko Susilo, karena terakhir saya lihat pada hari ini sepertinya ada penekanan aturan yang harus diketahui dan ditaati oleh anda.(mod/Bisnis Online

Read More..

spirit of enterpreneurship

tidak mudah untuk memulai sebuah bisnis baru. Alih-alih langsung melakukan transaksi bisnis, seorang pemula biasanya terjebak dengan kesibukan-kesibukan yang justru menjauhkan dirinya untuk memulai kegiatan bisnis yang sebenarnya. Kalau hanya satu-dua-tiga hari sih masih untung. Yang sering terjadi justru sampai mingguan atau bulanan tanpa melakukan riil bisnis. Anda bisa menyebut apa saja. Sibuk membuat kartu nama, sibuk memilih font atau logo perusahaan, atau sibuk memikirkan konsep bisnisnya yang adiluhung.

Memang benar untuk memulai sebuah bisnis butuh persiapan yang matang, atau seperti dikatakan Robert Spiegel, penulis buku “The Shoestring Entrepreneur’s Guide to the Best Home-Based Businesses”, bahwa mempersiapkan sebuah bisnis tak ubahnya menyerut ujung pensil. Aktivitas bisnis Anda tentu bukan hanya pada seruncing apa ujung pensil Anda, tapi bagaimana Anda menggunakan pensil yang runcing itu kesuksesan bisnis anda.

Kalau Anda sedang mengalami kondisi seperti itu, ada 10 langkah menurut Robert Spiegel yang perlu Anda ingat dan lakukan:

#1. Buatlah List Kerja
Tempelkan di tempat selalu terlihat oleh Anda. Beri tanda dan warna yang menarik perhatian. List itu merupakan “kompas” pemandu Anda untuk merintis bisnis anda berjalan dan berhasil.

#2. Segeralah Melangkah
Tirulah bagaimana bayi belajar jalan. Jatuh-bangun, tanpa pernah menyerah, dengan langkah-langkah kecilnya. Seperti itu pula seharusnya Anda ketika memulai sebuah bisnis. Meski sedikit, pendek, dan kecil, segeralah melangkah. Realisasikan list kerja Anda, fokuslah, karena itu akan memperkecil rasa takut dan keasingan yang Anda alami. Keraguan-raguan hanya hilang oleh tindakan.

#3. Dapatkan Pelanggan atau Klien
Kalau anda belum mempunyai pelanggan atau klien, Anda belum bisa dikatakan punya bisnis, Jadi, dapatkan pelanggan atau klien pertama Anda untuk memulai bisnis baru Anda. Layani, rawat, dan puaskan pelanggan pertama Anda.

#4. Lupakan Kesempurnaan
Tidak mungkin Anda mengharapkan segala sesuatunya berjalan sempurna ketika awal-awal Anda merintis bisnis baru Anda. Pasti ada saja masalah dan rintangannya. Tapi tidak apa, itu biasa dan sangat wajar. Di sini, sikap realistis dan kesabaran Anda sangat dibutuhkan.

#5. Pilihlah Karyawan Pekerja Keras
Sangat penting di awal-awal merintis usaha baru Anda, Anda dikelilingi oleh orang-orang yang semangat dan pekerja keras. Hal ini akan menciptakan lingkungan yang penuh gairah sehingga semakin menambah amunisi kerja bisnis Anda.

#6. Bicaralah Soal Bisnis
Kondisikan diri Anda dalam dunia bisnis dan sebagai pebisnis. Ganti pilihan kata dan bahasa Anda dalam kehidupan sehari-hari. Bicarakan perusahaan Anda sebagai bisnis, bukan tentang sebuah bisnis. Yakinkan diri Anda sendiri bahwa Anda sedang menjalankan sebuah bisnis. Sebab, kalau Anda sendiri tidak yakin dengan bisnis Anda, bagaimana Anda bisa mengharapkan orang lain yakin. Jangan katakan kata-kata yang menunjukkan Anda (seperti) tidak serius dalam bisnis. Misalnya saja, “Saya sedang berusaha memulai bisnis”. Katakan “Ini bisnis saya“.

#7. Hargai Diri Anda
Kita semua menyukai penghargaan. Ini saatnya untuk jujur pada diri sendiri, setiap minggu sekali, tanyakan pada diri Anda apakah Anda sudah melakukan sesuatu yang layak untuk dihargai, sesuatu yang nyata berpengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda. Jangan sungkan-sungkan untuk merayakannya.

#8. Jadikan Semuanya Accountable
Temukan rekan bisnis, organisasi atau pemilik usaha lain yang bisa, langsung ataupun tidak langsung, mengawasi bisnis baru Anda. Langkah ini penting agar Anda selalu terdorong untuk melakukan langkah-langkah serius yang bisa dipertanggungjawabkan. Langkah ini juga membuat Anda selalu berada di jalur tujuan bisnis Anda.

#9. Antisipasi Perkembangan Zaman
Pastikan kalau bisnis Anda tidak ketinggalan zaman. Itulah mengapa Anda disarankan tidak lama-lama menghabiskan waktu untuk meruncingkan ujung pensil Anda. Sebab yang lebih penting adalah melakukan sesuatu untuk bisnis Anda. Di sini, Anda harus peka terhadap perkembangan zaman.

#10. Ingatlah Mimpi Anda
Ketika bisnis Anda sudah mulai berjalan, jangan takut untuk keluar dari “zona aman” Anda. Katakan pada diri Anda, “Sekarang saya sudah punya bisnis sendiri. Saatnya membesarkan bisnis saya”. Merubah tujuan dan menciptakan mimpi baru juga bisa menyegarkan semangat Anda seperti awal mula merintis bisnis baru Anda.

Selamat mencoba! Semoga berhasil.

Sumber : Bentrepreneur, Februari 2007

Read More..

penegertian BIsnis online atau biasa disebut e-commerce

Perdagangan elektronik atau e-dagang (bahasa Inggris: Electronic commerce, juga e-commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.

Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

E-dagang atau e-commerce merupakan bagian dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.

E-dagang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester, perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003. Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.

Sejarah perkembangan

Istilah "perdagangan elektronik" telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.
Kemudian dia berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunya istilah yang lebih tepat "perdagangan web" — pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan.
Pada awalnya ketika web mulai terkenal di masyarakat pada 1994, banyak jurnalis memperkirakan bahwa e-commerce akan menjadi sebuah sektor ekonomi baru. Namun, baru sekitar empat tahun kemudian protokol aman seperti HTTPS memasuki tahap matang dan banyak digunakan. Antara 1998 dan 2000 banyak bisnis di AS dan Eropa mengembangkan situs web perdagangan ini.

Faktor kunci sukses dalam e-commerce

Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
Menyediakan harga kompetitif
Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
Mempermudah kegiatan perdagangan

Masalah e-commerce

Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.

Aplikasi bisnis

Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:

1.E-mail dan Messaging
2.Content Management Systems
3.Dokumen, spreadsheet, database
4.Akunting dan sistem keuangan
5.Informasi pengiriman dan pemesanan
6.Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
7.Sistem pembayaran domestik dan internasional
8.Newsgroup
9.On-line Shopping
10.Conferencing
11.Online Banking

Perusahaan terkenal

Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal.

Kecocokan barang

Ada beberapa barang yang cocok dijual secara elektronik seperti barang elektronik kecil, musik, piranti lunak, fotografi, dll. Barang yang tidak cocok seperti barang yang memiliki rasio harga dan berat yang rendah, barang-barang yang perlu dibaui, dipegang, dicicip, dan lain-lain.

Read More..